Monday, March 21, 2011

BUKU TERBARU - Pengelolaan Ekowisata Pesisir & Laut (Pendekatan Ekologi, Sosial-Ekonomi, Kelembagaan & Sarana Wilayah), Penulis : Prof. Dr. Ir. H. Ambo Tuwo, DEA

      
        Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mendorong pemanfaatan sumberdaya pesisir dan laut secara berkelanjutan, namun belum mendatangkan hasil sesuai yang diharapkan. Bahkan saat ini, malah muncul kecenderungan meningkatnya aktivitas pemanfaatan yang mengancam kelestarian sumberdaya pesisir dan laut. Ekowisata Pesisir dan Laut merupakan bentuk pemanfaatan yang diyakini dapat menbantu mengatasi masalah tersebut. Diduga kuat bahwa pengembangan Ekowisata Pesisir dan Laut selama ini belum berhasil dengan baik, karena belum dipertimbangkan/diintegrasikannya berbagai komponen pengelolaan yang terkait dengan ekowisata. Komponen yang sering terabaikan atau luput dalam pengembangan Ekowisata Pesisir dan Laut, antara lain : kondisi ekosistem pesisir dan laut, sosial-ekonomi, kelembagaan, dan sarana wilayah.
        Buku ini terdiri atas enam bagian. Pada bagian pertama diuraikan tentang konsep Pengelolaan yang mencakup : (1) Keunggulan Ekowisata Pesisir dan Laut; (2) Konsep Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut; (3) Pengelolaan Ekowisata Pesisir dan Laut; (4) Prinsip Dasar Ekologi dalam Pengelolaan Berkelanjutan. Pada bagian kedua diuraikan tentang Ekosistem Pesisir dan Laut yang dapat dijadikan objek wisata, yaitu : (1) Ekosistem Terumbu Karang; (2) Ekosistem Lamun; (3) Ekosistem Mangrove; (4) Ekosistem Estuaria. Pada bagian ketiga diuraikan tentang Kondisi Sosial, Ekonomi, Kelembagaan, dan Sarana Wilayah yang terkait dengan pengelolaan ekowisata. Pada bagian keempat diuraikan tentang Pendekatan Analisis yang mencakup: (1) Analisis Kondisi Ekosistem Mangrove; (2) Analisis Kondisi Ekosistem Padang Lamun; (3) Analisis Kondisi Ekosistem Terumbu Karang; (4) Valuasi Nilai Sumberdaya Pesisir dan Laut; (5) Analisis Citra; (6) Analisis Kondisi Sosial, Ekonomi, Kelembagaan, dan Sarana Wilayah; dan (7) Analisis Kondisi dan Kelayakan Ekowisata. Pada bagian kelima diuraikan Studi Kasus tentang Analisis Kelayakan Pengembangan Ekowisata Pesisir dan Laut yang mencakup: (1) Kelayakan Ekologis; (2) Kelayakan Sosial, Ekonomi, Kelembagaan, dan Sarana Wilayah; (3) Kelayakan Jenis Pengembangan Ekowisata; dan (4) Strategi Pengembangan Ekowisata. Pada bagian terakhir disajikan Petunjuk Praktis Pengelolaan Ekowisata yang mencakup : (1) Peningkatan Manfaat Ekowisata; (2) Penyusunan Rencana Kawasan Ekowisata; (3) Pengembangan Sarana dan Prasarana; (4) Pengelolaan Kerusakan; (5) Pengelolaan Wisatawan; (6) Pengelolaan Keuangan; dan (7) Monitoring Kawasan Ekowisata.

TENTANG BUKU INI :
Judul                   : Pengelolaan Ekowisata Pesisir & Laut (Pendekatan Ekologi, Sosial-Ekonomi, Kelembagaan & Sarana Wilayah)
ISBN                    : 978-979-16702-9-6
Penulis                 : Prof. Dr. Ir. H. Ambo Tuwo, DEA
Penerbit               : BRILLIAN INTERNASIONAL
Tanggal Terbit    : 2011-03-10
Jumlah Halaman : xii + 412 hlm
Berat Buku           : 1000 gr
Jenis Cover           : Soft Cover
Dimensi                 : 14 cm x 21 cm
Kategori                : Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Sinopsis                 : -
Harga                    : Rp. 75.000,-
Diskon                   : 20 %

 

1 comment:

  1. Mohon Info Untuk Mendaatkan Buku Ini di jakarta

    Salam
    Ferol

    ReplyDelete